31 March 2012

Cara Menghilangkan Jerawat Alami Dengan Ramuan Tradisional

Masalah kulit yang sepertinya menjadi musuh bagi sebagian besar masyarakat, khususnya wanita, adalah jerawat. Namun, tidak usah khawatir karena noda hitam bekas jerawat tersebut akan hilang dengan menggunakan ramuan tradisional yang banyak terdapat di sekitar kita.
Jerawat sebenarnya adalah minyak berlebih yang terdapat pada lapisan epidermis kulit. Kelebihan minyak yang terdapat pada kulit manusia akan menghambat pori-pori. Hal itulah yang akan menyebabkan peradangan pada kulit sehingga jerawat pun ‘hadir’ pada wajah.
Penyebab ‘hadirnya’ jerawat pada kulit wajah bisa juga disebabkan oleh faktor hormonal. Seperti yang terjadi pada kebanyakan kulit remaja, baik pria maupun wanita.

Masalah kulit yang satu ini rasanya sudah cukup merepotkan. Namun, ternyata ada yang lebih merepotkan, yaitu cara untuk menghilangkan bekas jerawat.
Apabila wajah kita berjerawat, sebaiknya jangan terlalu sering disentuh. Hindarkan tangan kita yang belum terjamin bersih dari jerawat tersebut. Tangan yang kotor justru akan memperparah peradangan.
Bekas dari jerawat yang sering disentuh juga cenderung akan lebih sulit dihilangkan. Bila sudah telanjur, mau tidak mau usaha untuk menghilangkan bekas jerawat akan menjadi ‘pekerjaan rumah’ selanjutnya.
Bekas jerawat biasanya akan menimbulkan bercak hitam pada kulit. Bercak hitam itulah yang dipercaya mampu meruntuhkan rasa percaya diri bagi sebagian penderitanya.
Berbagai ramuan tradisional telah banyak ditemukan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Tampaknya itu akan sedikit meringankan beban.
Bahan-bahan untuk membuat ramuan tradisional penghilang bekas jerawat bermacam-macam dan ternyata sangat sederhana. Seperti, singkong, kayu manis, daun pegagan, timun, kulit pisang batu, dan daun sirih. Cara pembuatan ramuan tradisional dari bahan-bahan tersebut relatif sama.
1. Singkong
Ramuan tradisional penghilang bekas jerawat yang terbuat dari singkong cara peracikannya sangatlah mudah.
  • Parut singkong.
  • Peras dan ambil sarinya.
  • Setelah air perasan dirasa cukup, oleskan pada bekas luka dan diamkan selama beberapa saat.
  • Untuk hasil optimal, ulangi hal tersebut selama seminggu berturut-turut.
2. Kayu Manis dan Daun Pegagan
Bahan tradisional selanjutnya adalah kayu manis dan daun pegagan. Cara peracikannya adalah sebagai berikut.
  • Tiap-tiap bahan dihaluskan dan dicampurkan dengan air.
  • Air campuran tersebut kemudian diusapkan pada wajah.
3. Timun dan Daun Sirih
Ramuan tradisional penghilang bekas jerawat lainnya adalah timun dan daun sirih. Untuk timun, cukup diparut kemudian tempelkan pada wajah selayaknya masker.
Begitu juga pada daun sirih, tumbuk daunnya. Namun, usahakan untuk tidak menumbuk terlalu halus sehingga masih berbentuk lembaran. Lalu, lembaran halus tersebut tempelkan pada wajah. Gunakan sebagai masker secara rutin.
Satu hal yang perlu diingat adalah jerawat juga merupakan sebuah penyakit. Selayaknya penyakit kebanyakan, jerawat juga bisa dicegah. Caranya sederhana, cukup dengan rajin membersihkan muka setiap habis berkegiatan dan rajin mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi yang baik untuk kulit.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

No comments:

Post a Comment