10 February 2012

Penyakit Katarak


Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa yang terletak didalam mata berubah menjadi keruh, hal ini akan menghalangi masuknya cahaya ke dalam bola mata sehingga mengakibatkan penglihatan terganggu.
Katarak tidak perlu menimbulkan ketakutan dan kegelisahan. Secara normal merupakan bagian dari proses ketuaan yang merubah gambaran fisik dari lensa. Katarak biasanya dijumpai pada orangtua, tetapi dapat juga terjadi segera setelah kelahiran. Katarak juga dapat dihubungkan dengan penyakit tertentu misalnya diabetes atau pasca trauma.


Keluhan dan gejala penyakit
Pada umumnya penderita mengeluh penglihatannya semakin lama semakin kabur, tidak dapat dikoreksi dengan kacamata. Mata tidak tampak merah, tidak merasa sakit, silau dan bila melihat sesuatu seperti sedang melihat dari balik tirai atau kelambu.

Penanganan
Sampai saat ini penanganan yang terbaik adalah dengan tindakan operasi. Operasi dapat ditunda sesuai dengan kebutuhan pasien sampai penglihatan sangat terganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Operasi katarak umumnya berhasil baik dan penderita mendapat perbaikan tajam penglihatan. Setelah lensa yang buram itu dapat disingkirkan, diperlukan sebuah lensa pengganti yang bekerja untuk memfokuskan sinar agar jatuh di retina. Oleh karena itu rehabilitasi penderita katarak adalah dengan memakai kacamata afakia, lensa kontak atau pemakaian lensa tanam.
Operasi katarak yang selama ini dilakukan disebut Operasi Katarak Ekstra Kapsuler yang secara teknis memerlukan luka operasi yang cukuplebar karena harus mengeluarkan lensa secara keseluruhan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

No comments:

Post a Comment