10 February 2012

Penyakit TOXOPLASMOSIS

Berikut ini adalah penyakit yang menyerang masyarakat, terutama masyarakat yang kurang peduli dengan kesehatan. sedari dini kita harus kenali berbagai penyakit dan penyebabnya karena dengan tau itu kita bisa menghidari dan mencegahnya. Lingkungan kita yang sangat beragam, mau tidak mau kita pasti akan berkontak dengan lingkungan luar. Apalagi kita senaja memelihara binatang peliharaan, sudah banyak info bahwa binatang2 peliharaan juga bisa sebagai sumber penular penyakit.


Penyakit TOXOPLASMOSIS Penyebabnya yaitu : Toxoplasma gondii. Habitat T. Gondii: anjing, kucing, tikus, burung, ayam, kerbau, sapi , babi, domba atau kambing. Penyakit ini dapat ditularkan kepada manusia. Manusia dapat terkena infeksi jika menelan ookista yang mencemari makanan atau dengan cara lain.


Gejala : nyeri pada kelenjar limphe yang membesar, dapat disertai pneumonia, polimiositis dan miokarditis, serta limphafingitis. Jalannya penyakit akut atau menahun.

Cara penularan :
Daging mentah / kurang matang (kista)
Buah/ sayur mentah yg tidak dicuci bersih (ookista)
Kontak dengan benda yang tercemar (ookista)
Janin terinfeksi dari ibu (kista)
Hewan kucing merupakan tempat utama bagi kuman Toxo berkembang biak, sementara di tubuh hewan lain dan manusia hanya merupakan tempat perantara saja. Seekor kucing dapat menghasilkan 10 juta kuman Toxo setiap hari selama 2 minggu. Kuman ini dapat hidup lebih dari satu tahun di tanah atau tempat yang lembab, akan tetapi mudah mati jika disiram dengan air mendidih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

No comments:

Post a Comment